Thursday, May 27

Aplikasi : e-Election berbasis Web

Bismillah, sekedar cerita disini, kemaren2 saya membuat aplikasi untuk pemilihan Ketua Umum CSS MoRA ITS. Aplikasi tersebut saya kasih nama CSS ITS eElection (CIE) -dikasih nama biar gampang aja klo crita...hehe-.

aplikasi tersebut telah digunakan untuk pemilihan umum ketua CSS MoRA ITS pada tanggal 22 Mei kemaren... alhamdulillah berjalan lancar. mekanisme pemilihan dengan aplikasi tersebut adalah seperti ini: disiapkan 5 laptop sebagai client dan 1 laptop sebagai server. 5 laptop tersebut fungsinya sama seperti bilik suara, jadi setiap anggota yang mempunyai hak milik mendapatkan kode yang unik agar bisa melakukan 'pencoblosan'. dan kode tersebut hanya bisa digunakan sekali saja. disamping itu pencoblosan juga bisa dilakukan melalui sms dengan format tertentu yang menggunakan database yang telah terintegrasi dengan aplikasi tersebut. jadi anggota yang telah memilih melalui aplikasi tersebut tidak bisa memilih melalui sms, juga sebaliknya..

fasilitas yang ada pada aplikasi ini adalah:
1. login yang unik untuk masing-masing anggota
2. integrasi database sms dan aplikasi web
3. kode hanya bisa dipake satu kali untuk aplikasi saja atau sms saja
4. Penghitungan suara

mungkin itu yang bisa saya ceritakan disini, kalo ada yang tertarik menggunakan silahkan kirim email saja... maturnuwun...

1 comment:

  1. boleh share gan, ane butuh refrensinya aplikasi election berbasis web ini

    ReplyDelete

Pencarian Google