Tuesday, September 9

Memulai Kenalan dengan java (Pemrograman dengan Java)

Temen – temen, bagi yang belum mengenal java mungkin bingung ya, mau mulai nya dari mana. Tapi Q punya langkah-langkah yang bisa temen-temen ikuti, insya Allah langkah-langkahnya mudah kok dan Q pake Ubuntu dalam implementasinya :
1.Buka Text Editor (gedit)
Bagi yang baru kenal linux, caranya gini : Applications ==> Accessories ==> text Editor. Mudah kan.
2.Terus ketikkan seperti yang dibawah ini :







3.Klo udah diketik kayak gitu, langsung di save aja yach. Terserah mau ngesave dimana aja. Dalam contoh ni Q pake desktop. Caranya gini:
a. Di text Editor klik file==>save
b. teruz pilih direktori mana yang ingin di pake (misalnya:desktop)
c. teruz “create folder” (langkah ini hanya untuk memudahkan agar file-file kita nanti terkumpul dengan rapi)
d. Ketikkan nama file di kotak Name (pojok kiri atas)==> nama ini adalah sesuai dengan nama yang ada di main class. Dalam text tadi menggunakan class “hello”. Jadi ketikkan “hello.java”(tanpa tanda kutip) di kotak Name.
e. Kemudian klik save
4. Setelah di save dengan hello.java maka tampilannya menjadi seperti ini :

5. Jadilah program java kita yang pertama. Langkah selanjutnya adalah mengcompile program tersebut.

6. Buka terminal. Caranya (“Applications ==> accessories ==> terminal”);

7. Kemudian masuk ke direktori file yang tadi dipake untuk menyimpan tadi, caranya (cd “nama direktori”). Contoh : “cd Desktop/pertama”.

8. Setelah masuk ke direktori yang dimaksud, coba ketikkan “ls”, gunanya adalah untuk melihat file-file yang ada pada direktori tersebut. Lihat gambar:

    Keterangan gambar:

    Setelah kita masuk ke direktori yang di maksud dan melihat file yang ada di dalamnya. (kalo ada file hello.java berarti kita telah melangkah ke jalan yang benar.hehe), kita coba mengcompile file java tersebut. Caranya adalah dengan mengetikkan “javac hello.java”. (tanpa tanda kutip) yang berfungsi untuk mengcreate sebuah file .class. Ternyata dalam proses pegcompilan terdapat pesan error. (lihat gambar). Error dalam program di atas adalah “salah ngetik”. Gimana cara benerinnya? Caranya masuk ke file hello.java ketik “gedit hello.java”. Benahi errornya dan save. Setelah itu compile lagi.... klo dah bener semua maka proses akan berhasil dan menampilkan pesan ===>Hello....

    terimakasih.


No comments:

Post a Comment

Pencarian Google